Tanggapi Pernyataan SBY, Mahfud: Pemilu Pasti Ada Kecurangan

Mitrapost.com – Menko Polhukam Mahfud Md turut menanggapi pernyataan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyatakan bahwa Pemilu 2024 terdapat upaya kecurangan.

Mahfud mengatakan Pemilu atau pengadaan pesta rakyat memang selalu diwarnai dengan kecurangan.

“Ada atau tidak ada tudingan dari Pak SBY, Pemilu pasti diwarnai kecurangan,” kata Mahfud, dikutip dari Detik News, pada Rabu (21/9/2022).

Ia lantas mengatakan terdapat banyak kecurangan pada zaman SBY berkenaan dengan antar pendukung partai politik.

“Pada zaman Pak SBY juga banyak kecurangan. Sebagai hakim MK ketika itu saya tahu itu. Tapi kecurangan yang terjadi bukan kecurangan yang dilakukan pemerintah terhadap parpol, melainkan kecurangan antar pendukung parpol sebagai kontestan pemilu,” kata dia.

Baca Juga :   Hadapi Pemilu 2024, Bawaslu Rekrut 63 Panwascam di Kabupaten Pati

Mahfud juga mengaku mengetahui kecurangan itu ketika dirinya menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi.

“Lah, buktinya mereka menggugat ke MK atas hasil perolehan suara yang diperoleh partai lain. Bahkan ada juga yang menggugat karena merasa dicurangi oleh sesama anggota partai. Jadi beda dengan zaman Orde Baru, dulu curangnya vertikal dilakukan oleh penguasa, sekarang curangnya horizontal terjadi antarkelompok rakyat yang sama-sama ikut pemilu,” tambah dia,

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati