oleh

Kenali Tanda Asam Urat Tinggi Berikut

Mitrapost.com – Setiap orang perlu mewaspadai tanda asam urat tinggi. Karena kondisi tersebut bisa berakibat buruk bagi kesehatan manusia.

Asam urat sendiri sebenarnya adalah produk limbah dalam tubuh yang seharusnya dibuang. Asam urat adalah senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh yang terbentuk dari proses penguraian zat purin yang ditemukan dalam sejumlah makanan.

Namun hal ini bisa menjadi masalah jika terjadi penumpukan produk limbah Berbagai masalah kesehatan bisa muncul.

Perlu diketahui bahwa penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian manusia. Kondisi ini bisa terjadi saat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi.

Asam urat yang menumpuk akan membentuk kristal di persendian yang kemudian bisa memicu rasa nyeri hingga pembengkakan.

Pada umumnya, kadar asam urat normal pada perempuan ada di angka sekitar 1,5-6 mg/dL. Sedangkan untuk laki-laki sekitar 2,5-7 mg/dL.

Jika kadar tersebut berada di atas 6 mg/dL pada perempuan dan lebih dari 7 mg/dL pada laki-laki, maka bisa dibilang kadar asam urat Anda tinggi.

Salah satu tanda asam urat tinggi adalah Anda merasakan nyeri sendi yang intens, umumnya di pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, atau jari.

Tanda asam urat tinggi selengkapnya adalah sebagai berikut.

Timbul Nyeri Luar Biasa Saat Malam

Kemungkinan asam urat terjadi di malam hari lebih tinggi dua kali daripada siang hari. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti suhu tubuh yang lebih rendah dan minimnya asupan air saat tidur.

Hal inilah yang disebut bisa memicu terhjadinya penumpukan asam urat.

Timbul Rasa Lelah

Asam urat yang tinggi bisa menimbulkan rasa lelah. Selain itu, bisa juga mengalami demam sebagaimana saat mengalami flu.

Sehingga Anda perlu tahu beda asam urat dan gejala flu.

Ada Benjolan di Sekitar Sendi

Benjolan ini dikenal dengan istilah ‘tophi.’ Tophi paling sering muncul pada pasien asam urat kronis akibat penumpukan kristal asam urat.

Sendi Terasa Tak Nyaman

Setelang mengalami serangan, tanda bahwa Anda mengalami asam urat tinggi biasanya adalah muncul rasa tidak nyaman di sendi.

Anda bisa saja merasakan ketidaknyamanan ini hingga selama beberapa hari kemudian atau bahkan hingga hitungan pekan.

Terjadi Peradangan dan Kemerahan

Sendi yang terkena asam urat biasanya akan mengalami bengkak. Selain itu, bagian tersebut akan terasa hangat saat disentuh dan warnanya menjadi kemerahan.

Gerak Menjadi Terbatas

Asam urat biasanya akan membuat seseorang sulit bergerak secara normal. Terutama bagian persendian.

Tanda asam urat tinggi harus ditangani atau diobati agar tidak menimbulkan hal yang lebih buruk di masa depan.

Demikian tanda asam urat tinggi. Semoga kita bisa terhindar darinya. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral