Harga Telur di Pasar Juwana Baru Sudah Berangsur Stabil

Pati, Mitrapost.com – Harga komoditas telur ayam hari ini, Senin (03/10/22) terpantau mulai turun yakni Rp. 22.000 per kg. Hal ini dituturkan oleh Sumiati (40) salah satu pedagang telur grosir di pasar juwana baru.

Sumiati mengatakan jika harga telur sudah tiga hari ini mulai stabil Rp. 22.000 per kilo, sedangkan beberapa minggu lalu waktu harganya melambung tinggi bisa mencapai Rp. 29.000 – Rp. 30.000 per kilo.

“Pernah pas harga sampe tinggi banget itu lho mbak, bisa sampe 30.000 per kilo. Terus habis itu harganya jadi turun, ya turunnya antara Rp. 2000  gitu lah mbak.  Kalau sekarang sudah ada tiga harian lah, harganya jadi Rp. 22.000,”ucapnya saat ditemui di pasar pagi tadi.

Baca Juga :   Bulog Kedu Siapkan 10 Ton Beras untuk Kebutuhan Lebaran

Menurutnya, penurunan telur ayam dikarenakan dengan adanya Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Telur ini harganya naik turun terus kok mbak, ya mungkin ini turun karena ada PKH kemarin kan membutuhkan telur banyak ya mbak,”kata dia.

Sementara itu, Sumiati khawatir jika ada harga telur ayam di pasar yang di bawah  Rp. 21.000 – Rp. 22.000 per kilo nanti kasihan peternaknya. Menurutnya jika terlalu murah dari harga itu, maka peternak yang akan mengalami dampaknya dikarenakan harga pakan saja sekarang sudah mahal.