Antisipasi Banjir Jelang Musim Penghujan, DPUTR Pati Lakukan Normalisasi 33 Titik Sungai

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati mengklaim telah selesai melakukan normalisasi 33 titik sungai di wilayah Kabupaten Pati.

Sudarno, selaku Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) DPUTR Kabupaten Pati mengungkapkan bahwa langkah tersebut, dilakukan sebagai salah satu upaya mengantisipasi banjir yang diakibatkan karena pendangkalan sungai.

“Menghadapi musim hujan sebentar lagi akan tiba. Kita coba untuk mengantisipasi banjir itu ada kegiatan-kegiatan seperti normalisasi sungai. Tahun ini kami laksanakan di 33 titik,” ungkap dia.

Diketahui bahwa program normalisasi tersebut, merupakan bentuk kerja sama DPUTR dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali sebagai pihak yang menaungi kawasan sungai di wilayah Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Banjir di Dukuhseti dan Tayu, Pemerintah Harus Optimalkan Pemeliharaan Infrastruktur

Sudarno menyebutkan bahwa pada tahun 2022, pihaknya telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 5 Miliar untuk penormalisasian 33 titik tersebut.

Dimana 33 sungai tersebut setidaknya berada di 15 kecamatan di wilayah, diantaranya seperti Sungai Dunggong di Desa Kedalingan Kecamatan Tambakromo, Sungai Sat Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso, Sungai Kali Gudang yang melintasi Desa Bakaran Wetan dan Bakaran Kulon Kecamatan Juwana serta beberapa sungai lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati