Rayakan HSN 2022, Ali Badrudin Turut Hadir dalam Apel di Alun-alun Pati

Pati, Mitrapost.com – Ribuan santri dari penjuru Kabupaten Pati mengikuti upacara dan kirab akbar di Alun-alun Pati. Mereka ikut merayakan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 yang dipusatkan di Alun-alun, Simpang Lima Pati, pada Sabtu (22/10/2022).

Dalam apel dan kirab tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, mulai dari Penjabat (Pj) Bupati Pati, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kapolres Pati, Dandim Pati, Kepala Kantor Kemenag Pati.

Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin mengungkapkan, turut berbahagia merayakan hari santri nasional di Pati. Ia pun mengenang perjuangan santri yang berjuang dan berkorban melawan penjajah untuk kemerdekaan Negara Indonesia.

Baca Juga :   Ketua Dewan Pati Minta Segera Pendistribusian Pupuk Jika Kuota Sudah Terpenuhi

“Saya hadir dan turut serta dalam acara Bari Santri Nasional di Pati. Tentunya, kami mewakili DPRD Pati turut berbahagia dalam memperingatinya, sekaligus mengenang perjuangan para santri yang telah gugur di medan perang untuk kemerdekaan Indonesia,”ujar Ali Badrudin kepada awak media usai mengikuti apel di Alun-alun Pati.

Ia pun berpesan kepada semua santri untuk dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah era globalisasi yang mengancam keutuhan NKRI.

“Saya berpesan kepada semua para santri untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan,”lanjutnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Pati, Yusuf Hasyim mengatakan, upacara dan kirab akbar merupakan puncak acara memperingati HSN 2022. Dimana, rangkaian acara HSN 2022 cukup padat.

Baca Juga :   Menag RI Minta Santri Cegah Ideologi Perusak Persatuan

“Kita melaksanakan upacara dan kirab resolusi jihad yang diikuti oleh seluruh masyarakat Kabupaten Pati. Peserta yang mengikuti acara ini, mulai dari pesantren, madrasah, sekolah, masyarakat umum serta pengurus NU,”ujarnya.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh pihaknya, peserta yang ikut acara ini ada sekitar 6.500 santri. Artinya, peserta tersebut laporan kepada panitia.

“Masyarakat umum tidak tahu ada berapa. Namun, biasanya mereka juga ikut hadir untuk ikut serta memperingati HSN 2022. Sudah dua tahun ini, kami tidak menyelenggarakan dalam jumlah yang besar karena adanya pandemi Covid-19,” jelasnya.

Ia menambahkan, rangkaian acara memperingati HSN 2022 diantaranya, ada santri trainer, bahtsul masail yang diikuti oleh seluruh pesantren di Pati, musabaqah qiraatil kutub, istighosah, dan upacara dan kirab akbar sebagai puncak acara. (ADV)

Baca Juga :   Dewan Pati Tak Bosan Ajak Semua Pihak Taat Protokol Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati