oleh

Proyek IKN Kini Hadir dalam Platform Metaverse

Mitrapost.com – Presiden Joko Widodo meluncurkan metaverse khusus Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bernama Jagat Nusantara. Platform digital itu dikelola oleh tim yang dikepalai mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama Kusubandio. Platform itu diluncurkan di Jakarta.

IKN baru nantinya juga akan dirancang dalam bentuk dunia virtual yang tidak memiliki batas. Dengan adanya metaverse, nantinya visualisasi calon IKN baru tidak lagi dilakukan dalam bentuk maket atau hologram. Pembuatan metaverse IKN, tambahnya, merupakan salah satu wujud dari kemajuan teknologi.

Menteri yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga menyampaikan bahwa nantinya rujukan teknis hanya akan dimuat dan diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres), bukan RUU IKN.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai proyek IKN yang kini hadir dalam platform metaverse :

 

IKN Hadir Dalam Platform Metaverse

 

  1. Mengenal Apa Itu IKN?

IKN adalah singkatan dari Ibu Kota Negara baru, Nusantara. Istilah IKN digunakan karena lebih singkat dan mudah untuk disebutkan. Istilah IKN telah banyak digunakan dalam pembahasan mengenai ibu kota negara yang baru, mulai dari perencanaan, eksekusi pembangunan, hingga Rancangan Undang-Undangan Ibu Kota Negara (RUU IKN) sebagai payung hukum pembangunan IKN.

Baca Juga :   Banyak Investor dari Uni Emirat Arab yang Minat Danai Pembangunan IKN

Presiden Joko Widodo sendiri telah mengumumkan penetapan Provinsi Kalimantan Timur sebagai lokasi IKN. Tepatnya, di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Nama Nusantara, menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Suharso Monoarfa, terpilih dari sekitar 80 nama lain seperti Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwipura, Cakrawalapura, dan Kertanegara.

 

  1. Hadir Dalam Platform Metaverse

Meski pembangunan baru tahap awal, namun Anda bisa merasakan sensasi berada di Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui metaverse bernama Jagat Nusantara. Pasalnya, Jagat Nusantara bisa Anda unduh secara gratis melalui App Store maupun Playstore atau bisa Anda akses melalui situs web play.jagat.io.

Sementara Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio menuturkan, dalam kehidupan saat ini serba teknologi dan digitalisasi, Indonesia harus bersiap berkompetisi menangkap peluang dengan cepat dan tepat.

Pada aplikasinya, pengguna dapat memanfaatkan Jagat untuk mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng (nobar) film, konser virtual, pertunjukan dan showcase karya digital, dan interaksi imersif lainnya, baik melalui gawai maupun situs web.

Baca Juga :   Lantik Kepala IKN, Jokowi Ingin Nusantara jadi Peradaban Baru di Masa Depan

 

  1. Cara Masuk Dan Berkunjung

Cara masuk Jagat Nusantara adalah :

  • Kunjungi situs play.jagat.io atau unduh aplikasi Jagat di handphone
  • Klik “Enter JAGAT”
  • Klik “Create Account” untuk membuat akun baru
  • Masukkan email aktif pada kolom yang tersedia dan klik “Send Code”
  • Tunggu sampai Jagat mengirimkan kode verifikasi sebanyak enam digit ke email
  • Setelah menerima email berisi kode verifikasi, ketik kode tersebut ke kolom yang tersedia dan klik “Next”
  • Kemudian, buat kata sandi atau password
  • Halaman akan menampilkan tulisan “Welcome to JAGAT”
  • Ketik nickname atau nama panggilan dan pilih gender yang Anda inginkan, klik “Next”
  • Buat avatar dengan memilih pakaian, gaya rambut, dan sesuai keinginan. Setelah avatar selesai Anda buat, klik “Confirm”
  • Halaman situs kemudian akan menampilkan avatar yang sudah Anda buat.

Pada halaman ini, avatar Anda akan mendapat sambutan Presiden Jokowi yang juga dalam bentuk avatar. Halaman yang sama juga lengkap ada dengan pintu coklat bertuliskan “Into JAGAT”, serta cermin dengan keterangan “Fitting Room”. Saat Anda klik, cermin akan kembali mengarahkan ke halaman fitting room, tempat avatar berganti penampilan. Sementara pintu coklat, merupakan akses menuju Jagat Nusantara.

Baca Juga :   Polri Ajukan Pembentukan Polres Khusus IKN

Saat memasuki Jagat Nusantara, Anda akan menemui avatar yang merupakan pengunjung lain. Anda bisa juga berinteraksi langsung dengan mereka, baik melalui kolom percakapan di kanan bawah layar maupun melalui pesan suara dan video.

Di IKN Jagat Nusantara, terdapat beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya, Istana Presiden atau Presidential Palace yang letaknya berada di paling kanan atas peta. Ada pula tempat-tempat umum, seperti Cinema, Art Gallary, Clothing Store, Street Show, dan Zero Point Monument.

Jagat Nusantara juga menghadirkan tempat untuk merek tertentu, seperti Sociolla Store dan Noice Podcast Space.

 

Berikut penjelasan mengenai IKN yang kini hadir dalam platform Metaverse. Anda bisa membuat akun dan masuk dalam platform tersebut. Bagaimana apakah Anda tertarik mencobanya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral