Berawal dari Hobi di Pesantren, Pria Asal Tayu Mampu Hasilkan Jutaan Rupiah dari Sandal Jepit Ukir

Pati, Mitrapost.com – Berawal dari hobinya sewaktu berada di pondok pesantren pada tahun 2008 silam, Zainal Mukhlisin mampu menghasilkan 5 hingga 7 juta rupiah per bulan dari usahanya mengukir sandal jepit.

Menurut pemaparan Zainal, hal itu dulunya tak disadari jika hobinya mengukir sandal kini mampu meraih omset yang lumayan menggiurkan. Lantas pada tahun 2011 lalu dia mulai memfokuskan usaha sandal jepit ukir ini sebagai mata pencahariannya.

“Dulunya berawal pas di pondok pesantren mas sekitar tahun 2008 lalu. Dulu mengukir sandal supaya tidak tertukar dengan teman yang lain. Setelah keluar dari pondok sekitar tahun 2011 saya memfokuskan ternyata hasilnya lumayan,” ucap Zainal, Senin (14/11/2022).

Baca Juga :   Jelang Lebaran, Disdagperin Pati Lakukan Uji Petik di Pasar Puri

Pada tahun 2011 silam, dirinya menceritakan jika hanya menggunakan media mulut ke mulut untuk memasarkan produk hasil kerajinan tangannya itu. Karena pada zaman tersebut belum ada media sosial yang mendukung promosi penjualan.

Dengan ketekunan dan keseriusan yang maksimal, akhirnya usaha yang ditekuni itu kini semakin laris manis, sehingga pemasarannya kini mampu menembus pasar luar negeri walaupun hanya TKI yang memesannya di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati