oleh

DPRD Pati Suyono Harapkan Perbaikan Jalan Rusak di Sukolilo-Prawoto Segera Dilakukan

Pati, Mitrapost.com – Anggota DPRD Kabupaten Pati, Suyono berharap jalan rusak yang ada di Pati untuk segera diperbaiki oleh dinas terkait. Hal itu menyusul banyaknya keluhan masyarakat dan menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“pemerintah melalui dinas terkait harus segera memperbaiki, jangan sampai angka laka lalu lintas semakin naik,” ujar Suyono kepada Mitrapost.com pada Kamis (24/11/2022).

Selain itu, salah satu penyebab semakin rusaknya jalan karena truk pengangkut barang melebihi kapasitas. Sehingga memperparah kerusakan jalan.

Sementara itu, Kepaa Desa Prawoto, Ahmad Hyro Fahruz mengatakan sejumlah titik di jalan Sukolilo-Prawoto rusak. Kerusakan ini diakibatkan adanya pertambangan yang masif di sana. Kerusakan jalan bahkan sudah terjadi semenjak satu tahun lalu akibat penambangan.

“Ada beberapa desa. Titik di Prawoto rusak parah, Prawoto-Sukolilo rusak parah di perbatasan Wegil, Wegil dan Baleadi itu juga sangat parah. Kalau Prawoto area Babalan itu sering terjadi kecelakaan ke arah Kudus,” ujarnya.

Baca Juga :   Jalan Rusak Bahayakan Pengendara, Dewan Minta OPD Terkait Bertindak Cepat

Ia menambahkan, kerusakan di sejumlah titik jalan Sukolilo-Prawoto sudah diusulkan oleh pihak desa. Namun, sampai saat ini belum ada tanggapan maupun perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati.

Bahkan, desa sekitar juga sudah mengusulkan ke pihak Pemkab. Menurutnya, pengusulan tersebut sudah dilakukan dalam beberapa kesempatan. Salah satunya melalui Musrembang.

“Desa sudah mengusulkan beberapa kali di musrembang, semuanya sudah kita masukan ke musrembang. Tapi belum tahu ada realisasi,” terangnya saat dihubungi melalui sambungan telepon belum lama ini.

Hasil dari musrembang sendiri, lanjut dia, belum ada pemberitahuan secara resmi. Namun, berdasarkan rumor yang beredar di katakan oleh Hyro pemerintah kabupaten akan melakukan perbaikan tahun ini.

Baca Juga :   Anggota DPRD Pati Sayangkan Kerusakan Jalan Alternatif Pantura Pati-Rembang

“Sementara untuk pemda secara resmi belum memberikan pernyataan kepada kita. Tetapi pemda juga rumor kabar tahun depan sudah ada pembenahan. Tetapi dengan anggaran sedikit, hanya sebatas itu,” terangnya.

Ia berharap perbaikan jalan segera diperbaiki dan juga ada penertiban dum truk. Ia meminta pemerintah mengatur muatan agar tidak berlebihan dari truk dum agar tidak merusak jalan. Selain itu hilir-mudik mereka juga harusnya di atur. Agar tidak membahayakan pengendara lain.

“Penertiban dam truk untuk muatannya standar. Jadi kalau jalan sudah dibangun tidak rusak kembali. Dan dam truk diatur jalannya. Kita tidak menolak adanya dam truk tidak tetapi di atur agar berjalannya gak runtung-runtung agar tidak menggangu pejalan yang lain, ” terangnya.

Baca Juga :   Hasil Reses Dewan Wajib Ditindaklanjuti Karena Dianggap Tepat Sasaran

Untuk saat ini sambil menunggu perbaikan dari pemerintah, beberapa masyarakat mengguruk beberapa titik. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi kecelakaan di area tersebut. Apalagi jalan tersebut memang menjadi akses vital bagi masyarakat sekitar. Baik akses ekonomi, pendidikan maupun kesehatan masyarakat.

“Masyarakat sementara nambali jeblong-jeblong namun tetap tidak bisa maksimal. Yang notabene bahwa jalan itu milik pemkab jadi kalau kita mau membangun juga posisi serba salah. Hanya sebatas untuk antisipasi agar tidak membahayakan,” paparnya. (Adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral