Pusat Data Center Jateng Diresmikan Hari Ini

Semarang, Mitrapost.com – Pusat Data Center Jawa Tengah yang terletak di Semarang diresmikan pada hari ini, Selasa (3/1/2022).

Peresmian dilakukan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dengan begitu, Jateng merupakan provinsi pertama pemilik Pusat Data Center yang masuk daftar di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Ini ikhtiar kita untuk membangun digitalisasi. Tentu tidak cukup dengan statemen, tapi perlu menyiapkan infrastruktur. Dan, data center ini kita perlukan untuk menghimpun seluruh data yang ada, storage-nya ada di sini,” ujar Ganjar.

Ganjar menilai bahwa dengan adanya Pusat Data Center ini bisa dimanfaarkan secara maksimal oleh seluruh sektor baik di ranah provinsi maupun kabupaten/Kota.

Baca Juga :   Bupati Klaten Tegur Perusahaan Yang Masih Terapkan Shift Malam

“Maka, banyak inovasi-inovasi yang dilakukan, datanya harapan kita masuk ke sini,” lanjutnya.

Ganjar mencontohkan, sektor pertanian, di mana dinas terkait dapat mengambil data yang dibutuhkan, mulai dari cuaca, area, jenis tanaman, wilayah, waktu tanam, dan panen. Sehingga dapat disiapkan dengan artificial intelligence dan storage-nya ada di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati