3 Kasus Penyakit Kulit Berbenjol Ditemukan di Pati

Pati, Mitrapost.com – Kasus lumpy skin disease (LSD) atau penyakit kulit berbenjol pada ternak sapi ditemukan di Kabupaten Pati. Jumlah kasus per Jumat (20/1/2023) tercatat sebanyak 3 ekor sapi.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Andi Hirawadi mengatakan, 3 kasus tersebut ditemukan di Desa Maitan Kecamatan Tambakromo.

“Kita sudah mengambil sampel di 3 hewan tersebut kemudian di laboratorium, kita ujikan hasilnya positif,” ucap Andi kepada Mitrapost.com.

Pihaknya mengaku sudah melakukan langkah antisipasi dengan cara memberikan pengobatan kepada sapi yang terkena LSD dan juga telah memberikan vaksinasi untuk mencegah penyakit tersebut.

“Tahun ini kita mendapatkan 5 ribu vaksin untuk penyakit LSD. Kita juga sudah melaksanakan vaksinasi ke sapi sejumlah kurang lebih 3 ribu vaksin,” imbuhnya.

Baca Juga :   DPRD Pati Soroti Ruas Jalan Rusak di Kecamatan Kayen

Pengobatan dan vaksinasi bertujuan untuk mencegah agar penyakit tersebut tidak menular ke sapi yang lain, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh pada hewan ternak itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati