1500 Bibit Pohon Ditanam Guna Selamatkan Lahan Kritis

Berdasarkan pantauan di lokasi, area di sekitar DAS Tuntang di Desa Nyemoh tersebut terlihat gundul. Padahal air di sungai itu juga mengalir sampai ke daerah lain, seperti Kabupaten Grobogan, yang beberapa waktu lalu sejumlah desa sempat terendam banjir.

Sebagai informasi, salah satu penyebab banjir di wilayah Grobogan disebabkan karena luapan Sungai Tuntang yang melintasi wilayah tersebut. Selain itu, juga disebabkan karena luapan Sungai Lusi dari arah Blora.

“Jadi ada lahan-lahan yang kritis yang kita mesti dorong sekaligus kita edukasi. Tadi kan ketemu (warga). Ini di sebelahnya Sungai Tuntang. Kalau di sini gundul, ini pasti dihajar hujan lebat, sedimentasinya akan ke sana. Maka tadi (warga) bilang, Pak, musala bahaya, SD bahaya, karena tanah tergerus di pertemuan dua arus sungai,” beber gubernur.

Baca Juga :   Bazar Ramadan, Upaya Dorong Kestabilan Harga

Untuk daerah pertemuan dua arus itu, lanjut Ganjar, harus dicarikan solusi. Oleh karenanya, dalam kegiatan penanaman pohon tersebut juga melibatkan Dinas Pusdataru, DLHK, Kepala desa, dan perwakilan Pemkab Semarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati