Angka Kematian Bayi di Jateng Mengalami Penurunan Pesat

Semarang, Mitrapost.com – Angka kematian bayi (AKB) di wilayah Jawa Tengah mengalami penurunan pesat, yaitu hingga di angka 91,13 persen dalam lima dekade terakhir.

Angka tersebut berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah. Sedangkan untuk Angka Kematian Ibu (AKI) Jateng berada di bawah angka nasional.

Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Jateng Muh Saichudin menyampaikan, dari Hasil Long Form Sensus Penduduk 2020 mencatat terjadi penurunan angka kematian bayi atau Infant Mortality Rate (IMR).

Data menunjukkan, dalam rentang 50 tahun sejak 1971-2022, penurunan AKB di Jawa Tengah mencapai 91,13 persen. Jika dibandingkan tahun 2010, AKB jauh menurun dari 21 per 1.000 kelahiran hidup, menjadi 12,77 per 1.000 kelahiran hidup.

Baca Juga :   Zona Merah di Jawa Tengah Mulai Berkurang

“Angka kematian bayi di Jawa Tengah sudah jauh menurun. Hal ini karena program imunisasi yang dilakukan oleh pemerintah, imunisasinya lengkap serta peningkatan rata-rata lama pemberian ASI, utamanya ASI eksklusif, membuat bayi yang dilahirkan semakin mampu bertahan hidup lebih lama dibandingkan jika tidak mengonsumsi ASI eksklusif,” kata Saichudin, melalui siaran di akun Youtube resmi BPS Jateng, Senin (30/1/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati