Cegah Penyebaran LSD pada Hewan Ternak, Dintanpan Rembang Usulkan 3.000 Vaksin

Rembang, Mitrapost.com – Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang usulkan 3.000 vaksin Lumpy Skin Disease (LSD) ke pemerintah.

Hal ini dikarenakan upaya mencegah penyebaran wabah penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) yang menyerang hewan ternak di Rembang.

Diketahui, penyakit LSD yang menyerang hewan ternak khususnya sapi terdapat 101 kasus pada awal tahun 2023, dengan kematian ada 1 ekor dan yang sembuh 1 ekor. Sedangkan untuk saat ini ada 99 kasus LSD.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Peternak Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Lulu Rofiana mengungkapkan sebelumnya Rembang belum mendapatkan alokasi vaksin LSD dikarenakan capaian Jawa Tengah belum mencapai 60 persen. Sehingga belum ada alokasi vaksin.

Lebih lanjut, setelah ditemukan kasus LSD sejak satu bulan penyebarannya, Dintanpan mengusulkan vaksin LSD untuk mengakomodir kebutuhan vaksin di Rembang.

“Untuk vaksin LSD (Lumpy Skin Disease) untuk Kabupaten. Rembang belum mendapatkan alokasi, karena capaian Jateng tahap sebelumnya belum mencapai 60 persen. Sehingga belum ada alokasi vaksin LSD tahap selanjutnya untuk Jateng (salah satunya mengakomodir kebutuhan Kabupaten Rembang),” ucap Lulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati