Empat Faktor yang Bisa Sebabkan Banjir Lahar Gunung Karangetang Sulut

Mitrapost.com – Gunung Karangetang yang berlokasi di Sulawesi Utara berpotensi mengalami banjir lahar, karena empat faktor yang mempengaruhi.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan empat faktor tersebut adalah ada tumpukan material, lembah sebagai jalur, kemiringan lereng, dan hujan.

“Di sini potensi banjir lahar pasti terjadi. Lahar itu terjadi karena 4 parameter; ada tumpukan material, lembah sebagai jalur, kemiringan lereng, dan hujan,” ujar Koordinator Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Oktory Prambada dalam konferensi pers Badan Geologi via zoom, Kamis (9/2) dilansir dari CNN Indonesia.

Namun karena posisi kemiringan gunung yang tinggi, maka menurutnya, proses banjir lahar akan berlangsung cepat.

“Kemiringan gunungnya cukup tinggi. Jadi, tumpukan material itu turun dengan cepat. Bahkan kadang-kadang orang tidak sadar bahwa sungai-sungai sudah terlewati lahar karena kecepatannya membuat itu seakan-akan menghilang,” paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati