Mas Endro Gerak Cepat Tanggapi Keluhan Sedimentasi Sungai Simo dan Sungai Sani

Mitrapost.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Tengah, H. Endro Dwi Cahyono, ST., bergerak cepat merespon keluhan warga Pati berkaitan dengan sedimentasi dan kerusakan talud tebing Sungai Simo dan Sungai Sani. Tindaklanjut yang dilakukan yakni dengan melakukan komunikasi dan berkirim surat resmi kepada BBWS Pemali Juana.

Tak berlangsung lama surat dilayangkan, BBWS Pemali Juana melakukan survey di 2 lokasi. Hal tersebut sebagai langkah BBWS dalam memetakan langkah tindak lanjut.

Anggota DPRD Jawa Tengah, H. Endro Dwi Cahyono, ST., mengungkapkan setelah mendapatkan masukan saat reses maupun kunjungan daerah pemilihan (kundapil) pihaknya langsung gerak cepat untuk menindaklanjutinya.

“Kemarin kita mendapatkan masukan saat Reses dan Kundapil, setelah itu kita berkirim surat ke BBWS, alhamdulilah kemarin Tim dari BBWS melakukan survey,” ujar Endro kepada Mitrapost.com, Senin (20/02/2023).

Baca Juga :   Pantau Kesiapan Pilkada, Pemkab Rembang Sambut Kedatangan DPRD Jateng

Selain itu, menurut legislator asli Pati itu, salah satu penyebab banjir di area Pati Kota adalah sedimentasi di kedua sungai tersebut. Sehingga perlu adanya normalisasi sungai.

“Satu dari banyak penyebab banjir di area Pati kota adalah karena sedimentasi di Sungai Simo dan Sungai Sani. Harapannya setelah ini bisa dikeruk secara bertahab, khususnya di sepanjang pemukiman warga, sehingga saat terjadi hujan deras di area Gunung Muria dan Gembong, air tidak meluap ke pemukiman warga,” pungkasnya.

Koordinator Rumah Aspirasi Endro Center, Suhartono mengungkapkan jika survey dari BBWS difokuskan pada titik sedimentasi di Sungai Simo dan Sungai Sani. Selain itu, kita juga memberikan masukan-masukan terkait penanganan banjir di Pati.

Baca Juga :   Gelar Reses, DPRD Jateng Sebut Vaksinasi Dimulai Januari 2021

“Kita menemani Tim BBWS untuk survey lokasi yang berada di Sungai Simo dan Sungai Sani. Pihak BBWS mengambil dokumentasi sebagai bahan laporan sebagai pijakannya,” ujarnya.

Sementara itu, Heru Pujianto, Staf Teknik Bidang Pejabat Pembuat Komitmen Operasi dan Pemeliharaan pada Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana mengungkapkan kegiatan survey merupakan tindaklanjut dari surat dari DPRD Jateng, Endro Dwi Cahyono.

“Ini tindaklanjut dari surat Bapak Endro Dwi Cahyono, Anggota DPRD Jateng Fraksi PDI Perjuangan,” ujarnya kepada Mitrapost.com.

Menurutnya, setelah dilakukan survey akan dilaporkan dan tindaklanjut sesuai mekanisme yang ada di BBWS.

“Setelah ini tentunya kita akan laporkan ke pimpinan, setelah itu akan ada mekanisme berikutnya sesuai aturan di BBWS,” lanjutnya.

Baca Juga :   DPRD Jateng Dorong Tingkatkan Pengadaan Sarpras dan Kualitas SDM di Masa Pandemi

Menanggapi hal tersebut, Supriyono Warga Perumahan RSS Sidokerto Pati menyambut baik. Hal itu menyusul sering terjadinya banjir saat hujan deras.

“Jika hujan deras di daerah atas (Muria dan Gembong), kami di bawah merasa was-was. Karena pasti banjir,”ujarnya.

Menurutnya, jika ada normalisasi Sungai Simo dan Sungai Sani, harapannya bisa mengurangi potensi banjir.

“Jika sudah di normalisasi, harapannya tidak terjadi banjir lagi,”pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati