Freeport Disebut Bisa Produksi 50 Ton Emas Batangan per Tahun dengan Smelter Baru

Mitrapost.com – Dengan adanya smelter yang selesai dibangun, PT Freeport Indonesia (PTFI) disebut mampu produksi katoda tembaga sekitar 600 ribu ton hingga emas batangan 50 ton per tahun jika smelter tersebut berproduksi.

Smelter baru tersebut dibangun di JIIPE dan merupakan smelter kedua yang dipunyai Freeport. Presiden Direktur PTFI Tony Wenas memperkirakan progres pembangunan sudah mencapai 56 persen hingga akhir Februari 2023.

Sedangkan proyek tersebut dijadwalkan selesai pada akhir tahun ini, sehingga pada bulan Mei 2024 sudah bisa dipakai produksi.

“Rencananya akhir tahun ini akan selesai konstruksi fisiknya 100%. Selanjutnya akan dilakukan pre commissioning dan commissioning sehingga dapat mulai produksi pada Mei 2024,” kata Tony dilansir dari Detik.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pembangunan smelter disertai dengan pembangunan fasilitas Precious Metal Refinery. Dimana fungsinya adalah untuk memurnikan lumpur.

“Jadi kami membangun smelter tembaga ini juga disertai dengan pembangunan precious metal refinery yang akan mengolah memurnikan lumpur anoda dari smelter tembaga yang mengandung emas dan perak karena dimurnikan di dalam negeri,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati