Melirik Budidaya Kopi Robusta di Jolong Pati

Pati, Mitrapost.com – Kopi sering dinikmati banyak orang, apalagi dalam keadaan hangat. Tak jarang pula orang yang menjadi penikmat kopi, mencoba memulai peruntungannya untuk melakukan budidaya kopi.

Tetapi budidaya kopi bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, butuh ketelitian dan ketekunan. Apalagi ada proses panjang dan cukup menguras tenaga yang harus dilalui.

Jumi salah satu petani kopi Dukuh Jolong Desa Sitiluhur, mengaku kurang lebih sudah 10 tahun melakukan budidaya tanaman kopi. Jenis kopi yang banyak dibudidayakan di tempatnya adalah kopi robusta atau arabika.

“Kebanyakan di Jolong ini nanemnya kopi robusta, kadang-kadang ada yang arabika tapi jarang sih lebih ke robustanya,” ucapnya.

Jumi menjelaskan bahwa budidaya kopi harus dilakukan di dataran tinggi sekitar 400 hingga 800 Mdpl agar suhu udara cocok dan tumbuh dengan baik.

Hal itu dikarenakan perawatan kopi robusta cukup mudah dipenuhi dan kadar kafeinnya lebih tinggi. Apalagi harganya relatif lebih murah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati