Alasan Medis Dibalik Larangan Meniup Makanan atau Minuman dalam Islam

Mitrapost.com – Dalam Islam, kita meyakini bahwa ada larangan meniup makanan atau minuman. Hal itu didasarkan pada apa yang pernah disampaikan Rasulullah SAW.

Namun, larangan ini ternyata bisa dijelaskan secara medis. Dilansir dari laman NU Online, dr Muhammad Fadli menjelaskan mengapa ada larangan meniup makanan atau minuman.

“Ada beberapa alasan yang menyebabkan Rasulullah saw melarang perbuatan tersebut (meniup makanan atau minuman panas),” jelasnya.

Alasan pertama karena adanya proses transfer bakteri atau sejenisnya dari mulut ke makanan atau minuman saat seseorang meniup. Sehingga dikhawatirkan adanya kontaminasi bakteri yang bisa membahayakan kesehatan.

“Sudah tentu kita mentransfer bakteri, kuman, virus, atau pun lain sebagainya, dari mulut kita menuju makanan,” jelasnya.

“Bahayanya adalah tatkala bakteri yang terjebak pada makanan tersebut dan dimakan oleh orang lain, sudah tentu di sini terjadi penularan penyakit pada orang lain,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati