Festival SBI Kembali Digelar, Sajikan Berbagai Budaya Nusantara

Mitrapost.com – Bertajuk ‘Satu Dasawarsa Gerak Bersama’, pagelaran Semarak Budaya Indonesia (SBI) kembali diselenggarakan pada hari Jumat sampai Sabtu (26-27/5/2023) di Balaikota Surakarta. Festival budaya ini merupakan acara tahunan yang telah digelar untuk kesepuluh kalinya dan dapat ditonton secara gratis oleh masyarakat.

Festival Semarak Budaya Indonesia (SBI) memberikan wadah aktualisasi sekaligus apresiasi bagi generasi yang berbudaya. Hal ini sesuai dengan penuturan Ketua Festival Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2023, Apriza Rizaldi Naim. Menurutnya, gelaran ini turut menggambarkan budaya asli masyarakat Indonesia, yakni gotong royong.

“Semarak Budaya Indonesia atau SBI bertujuan untuk membangun ruang apresiasi dan aktualisasi bagi generasi berbudaya yang ada di seluruh Indonesia. Kita ingin menggambarkan budaya asli masyarakat Indonesia yaitu gotong royong yang selalu dilakukan oleh Dinas Pariwisata bersama seluruh komunitas dan sanggar seni dalam sebuah pelaksanaan Festival Semarak Budaya Indonesia,” paparnya.