Doa Terhindar dari Pengaruh Ilmu Tak Bermanfaat

Mitrapost.com – Ilmu bisa didapat dari mana saja, entah dari belajar di madrasah/sekolah, membaca buku, diskusi dengan ahli dan ulama, maupun hanya dengan mengamati suatu hal. Setiap ilmu yang bermanfaat akan mendatangkan kebaikan. Selain itu, ilmu yang diperoleh juga wajib diajarkan kepada orang lain. Dengan demikian, anda juga akan mendapatkan keberkahan yang akan terus mengalir.

Ilmu yang bermanfaat akan mengantarkan manusia pada pengetahuan yang lebih luas dan kemajuan, sehingga nantinya dapat menciptakan kemaslahatan bersama. Namun, ketika suatu ilmu disalah-gunakan sehingga memberikan kerugian bagi banyak orang, maka hal itu akan menjadi suatu bencana.

Mengembangkan suatu teknologi, pengetahuan, dan filosofi yang menyimpang dari aturan agama dan Al-Quran, akan menghilangkan esensi dan keberkahan menuntut ilmu itu sendiri. Padahal, pada dasarnya menimba ilmu bertujuan untuk memperoleh ridha-Nya.

Dilansir dari NU Online, Imam al-Ghazali menyebutkan suatu doa yang bersumber dari hadits Rasulullah SAW. Doa ini diamalkan untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari pengaruh ilmu yang tidak bermanfaat. Berikut doanya;

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَعَمَلٍ لَا يُرْفَعُ وَدُعَاءٍ لَايُسْمَعُ

Allâhumma innî a‘ûdzubika min ‘ilmin lâ yanfa‘ wa qalbin lâ yakhsya‘ wa ‘amalin lâ yurfa‘ wa du‘âin lâ yusma‘

Artinya: “Ya Allah aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu’, amal yang tidak diangkat (diterima), dan doa yang tidak didengar.”

Demikian artikel tentang doa untuk meminta perlindungan dari ilmu yang tidak bermanfaat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati