Waspada PHMS, Masyarakat Diimbau Hati-hati Pilih Hewan Kurban

Temanggung, Mitrapost.com – Waspada Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS), masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati dalam memilih hewan kurban.

Hal ini juga bersamaan menjelang perayaan Iduladha 1444 H.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Esti Dwi Utami, saat ditemui Senin (19/6/2023).

Menurutnya, kewaspadaan itu untuk mengantisipasi penyebaran tiga penyakit hewan, yakni PMK, penyakit Lumpy Skin Disease (LSD), dan Peste des Petits Ruminants (PPR) atau ingus parah, pada ternak kambing dan domba.

“Meskipun ketiga penyakit tersebut bukan tergolong zoonosis, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dalam memilih hewan kurban. Kepada para pedagang khususnya pedagang dari luar daerah, agar hewan kurban yang dijual di lapak maupun pasar hewan terjamin kesehatannya, atau tidak mengidap penyakit berbahaya bagi kesehatan manusia yang mengkonsumsi dagingnya,” kata Esti.

Baca Juga :   Ribuan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19, Wagub Ajak Warga Jadi Orangtua Asuh

Ia menambahkan, konsumen harus lebih teliti Ketika membeli hewan kurban. Seperti salah satunya menanyakan terkait surat keterangan Kesehatan hewan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati