Jokowi Resmi Cabut Status Pandemi Corona

Mitrapost.com – Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut status pandemi virus Corona, menjadi endemi.

“Sejak hari ini pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi, dan kita mulai masuk ke endemi,” jelas Jokowi, Rabu (21/6) dilansir dari CNN Indonesia.

Hal itu diputuskan dengan mempertimbangkan konfirmasi harian dari kasus Covid-19 yang mendekati nihil. Sedangkan definisi pandemi sendiri adalah wabah penyakit yang terjadi serentak di cakupan geografis yang luas.

“Sero survei menunjukkan 99 persen masyarakat Indonesia miliki antobodi Covid-19. WHO juga sudah cabut status public health emergency of international convern,” jelasnya.

WHO sendiri sebelumnya menetapkan status pandemi Covid-19 pada Maret 2020 lalu. Setelah tiga tahun berjalan, WHO pun akhirnya mencabut status darurat kesehatan [ublik menjadi perhatian nasional (PHEIC). Namun status pandemi Covid-19 masih ditetapkan hingga Juni 2023.

Presiden Jokowi sendiri sudah menyatakan status endemi sejak beberapa waktu lalu. Namun pengumuman resmi baru dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati