Angka Inflasi di Jateng Alami Penurunan di Bulan Juni

Semarang, Mitrapost.com – Pada bulan Juni 2023, angka inflasi di Jawa Tengah mengalami penurunan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Provinsi Jawa Tengah mengalami inflasi di bulan Juni sebesar 0,03 persen.

Hal ini diungkapkan saat rilis online BPS Jateng, yang dipimpin Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Tengah Dadang Hardiwan, Senin (3/7/2023).

Penurunan angka inflasi ini disebabkan karena berbagai faktor. Diantaranya adalah adanya penyesuaian harga BBM non subsidi dan juga gerakan pangan murah (GPM).

“Inflasi bulan Juni 2023 lebih rendah daripada bulan Mei 2023. Pada Juni 2023 gabungan enam kota mengalami inflasi secara Month to Month (bulan ke bulan), mencatatkan inflasi 0,03 persen,” ujarnya.

Baca Juga :   Kerusakan Lingkungan Akibat Penambangan, Pemerintah Diminta Tak Asal Berikan Izin

Data BPS Jateng mencatat, pada April 2023, inflasi mencapai 0,28 persen. Kemudian pada Mei 2023 inflasi turun menjadi 0,22 persen.

Dadang melanjutkan, catatan inflasi pada Juni 2023 pada 0,03 persen, lebih baik jika dibandingkan kondisi Juni 2022, di mana pada saat itu, Jateng mencatatkan inflasi 0,85 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati