Tips Membersihkan Masker Kain yang Tepat

Mitrapost.com – Meski kebijakan pembatasan sosial akibat COVID-19 telah lama berakhir, bukan berarti virusnya sudah hilang. Oleh sebab itu, kita biasanya melihat orang-orang masih rajin memakai masker di tempat umum atau saat sedang sakit.

Salah satu jenis masker yang masih sering digunakan adalah masker kain. Tidak seperti masker sekali pakai, masker kain perlu dicuci untuk digunakan kembali. Dengan demikian, menjaga kebersihan masker kain merupakan hal yang perlu dilakukan. Sebab, jika masker tidak dibersihkan dengan benar, itu akan menjadi sarang kuman dan bakteri yang bisa memicu penyakit.

Dilansir dari Alodokter, berikut cara membersihkan masker kain yang baik dan benar.

Rendam dengan air panas

Suhu tinggi dapat mematikan kuman, bakteri dan virus yang menempel pada permukaan masker. Caranya, dengan menyipkan wadah berisi air panas dengan suhu antara 50-60 derajat celcius. Tambahkan detergen, kemudian rendam masker kain selama 5 menit. Setelah itu, cuci masker hingga bersih.

Baca Juga :   Pandemi Covid-19 Semakin Terkendali, Presiden Jokowi Perbolehkan Masyarakat Lepas Masker di Area Terbuka

Bilas dengan air mengalir

Membilas bekas cucian dengan air mengalir membuat masker jadi lebih bersih karena kecil kemungkinan ada kotoran yang menempel dari bekas rendaman. Selain itu, lakukan pembilasan sampai tidak ada busa dan sisa sabun agar tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Keringkan masker kain

Jemur masker di bawah sinar matahari untuk mengeringkannya. Sinar matahari dapat membunuh sisa-sisa mikroorganisme, seperti bakteri, kotoran dan virus yang mungkin menempel. Hindari menjemur masker di dalam ruangan karena akan membuatnya lembab, sehingga menjadi tempat bertumbuhnya bakteri.

Setrika masker

Setelah kering, jangan lupa menyetrikanya lebih dulu dnegan suhu panas. Suhu tinggi mampu membunuh sisa bakteri dan kotoran yang masih menempel. Setelah diseterika, barulah masker bisa digunakan.