Doa dan Adab Saat Mengalami Mimpi Buruk

Mitrapost.com – Mimpi merupakan bunga tidur. Namun, tak jarang kita bermimpi buruk saat tertidur di malam hari. Mimpi buruk menimbulkan perasaan takut dan khawatir. Bahkan, sering kali dada menjadi sesak dan berdebar cepat saat tiba-tiba terbangun.

Saat mengalaminya, umat Muslim dianjurkan untuk melafalkan doa. Mimpi tidak hanya berasal dari Allah SWT saja, namun bisa jadi dari setan yang ingin mengganggu kita. Oleh sebab itu, Rasulullah menganjurkan untuk membaca doa saat umat-umatnya bermimpi buruk. Ini dilakukan agar manusia senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari niat buruk setan.

Dalam hadis Bukhari, Rasulullah mengajarkan untuk berdoa, kemudian meludah setelah mengalami mimpi buruk. Hadis tersebut berbunyi, “Mimpi baik itu dari Allah. Jika kalian mimpi sesuatu yang kalian sukai, maka jangan kalian ceritakan kecuali pada orang yang juga ikut menyukai mimpi tersebut. Jika kalian mimpi sesuatu yang tak kalian suka, maka memohonlah perlindungan pada Allah atas keburukan mimpi tersebut dan dari keburukan setan, meludahlah tiga kali dan jangan kalian ceritakan pada siapapun, maka mimpi buruk itu tidak akan membahayakan pada kalian,” (HR al-Bukhari).

Doa mimpi buruk

اللَّهُمَّ إنِّي أعوذُ بِكَ مِن شرِّها وشرِّ ما فيها

Allahumma innî a’udzûbika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari mimpi buruk dan apa yang buruk di dalam mimpi.”

Ada pula doa mimpi buruk dengan versi yang lebih panjang.

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahû. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya: “Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

Sementara itu, disebutkan pula dalam hadis riwayat Muslim tentang adab jika mengalami mimpi buruk, yakni meludah dari arah kiri sebanyak tiga kali, berdoa untuk memohon perlindungan sebanyak tiga kali dan berpindah posisi tubuh. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati