Jemaah Haji Disarankan Membaca Doa Berikut saat Hampir Tiba di Tanah Air

Mitrapost.com – Jemaah haji dikabarkan tidak lama lagi akan tiba di Tanah Air. Pada saat itu, para jemaah dianjurkan memanjatkan doa berikut untuk memohon kebaikan pada Tanah Air, beserta masyarakatnya. Serta, dijauhkan dari keburukan berupa wabah dan sifat tidak baik dari sebagian orang-orangnya.

Di lansir dari NU Online, doa berikut ini disarankan oleh Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Idhah fi Manasikil Hajj. Doa ini disarankan untuk dilafalkan saat para jemaah haji akan tiba di tanah air.

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَأَعُوذُ بِك مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا

Allāhumma innī as’aluka khayrahā, wa khayra ahlihā, wa khayra mā fīhā; wa a‘ūdzu bika min syarrihā, wa syarri ahlihā, wa syarri mā fīhā

Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan negeri ini, kebaikan pendudukan, dan kebaikan semua yang ada di dalamnya. Aku juga berlindung kepada-Mu dari keburukan negeri ini, keburukan penduduknya, dan keburukan semua yang ada di dalamnya,”

Baca Juga :   21 Calon Jamaah Haji dari Pati Meninggal Sebelum Berangkat

Selain doa di atas, Imam An-Nawawi, mengatakan juga menyarankan untuk membaca doa berikut saat jemaah haji sedang dalam perjalanan dan hampir tiba di Tanah Air.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ لَنَا بِهَا قَرَارًا أَوْ رِزْقًا حَسَنًا، اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا جَنَاهَا وَأَعِذْنَا مِنْ وَبَاهَا وَحَبِّبْنَا إِلَى أَهْلِهَا وَحَبِّبْ صَالِحِيْ أَهْلِهَا إِلَيْنَا

Allāhummaj‘al lanā bihā qarārā, aw rizqan hasanā.  Allāhummarzuqnā janāhā, wa a‘idznā min wabāhā, wa habbibnā ilā ahlihā, wa habbib shālihī ahlihā ilaynā

Artinya, “Ya Allah, jadikanlah Tanah Air ini sebagai tempat tinggal atau rezeki yang baik bagi kami. Ya Allah, karuniakanlah kepada kami hasil tanaman negeri ini; lindungi kami dari wabahnya; tanamkan rasa cinta di hati kami terhadap penduduknya; dan tanamkan rasa cinta di hati penduduknya yang saleh terhadap kami,”

Baca Juga :   2 Kloter Jemaah Asal Kota Pekalongan Telah Menyelesaikan Rangkaian Ibadah Haji

Demikian doa-doa yang bisa diamalkan oleh jemaah haji yang akan pulang ke Tanah Air. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati