Petani Tembakau di Pati Tak Dapat Pupuk Subsidi

Pati, Mitrapost.com – Petani tembakau di Pati tak pernah memperoleh pupuk subsidi dari Pemerintah. Hal ini disampaikan oleh salah satu petani tembakau asal Desa Kebonturi Kecamatan Jaken, Sudarto.

Bahkan, para petani tembakau sering terkendala masalah harga pupuk yang tinggi, terutama pupuk ZK. Dimana, harga pupuk yang menjadi andalan para petani tembakau itu saat ini seharga Rp220.000.

“Harga pupuk ZK sekarang Rp220 ribu. Kami biasanya difasilitasi oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) untuk membelinya di sana. Tetapi kami juga dibolehkan membeli di tempat lain,” ucapanya.

Pria yang berasal dari Kelompok Tani (Poktan) Mukti Rahayu ini menambahkan, jika petani tembakau selalu merasakan kesulitan memgakses pupuk ZK dengan harga murah. Sebab, pupuk ZK tak masuk dalam pupuk subsidi.

Baca Juga :   Penyalahgunaan Distribusi Pupuk Subsidi, Rugikan Negara Hingga Rp30 Miliar

Basic pupuk untuk tembakau ini ZK. Namun malah pemerintah tidak mensubsidi pupuk tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sudarto menyebutkan bahwa pada tahun ini dirinya menanam tembakau seluas 1,5 hektare. Maka dari itu, ia berharap Pemerintah memberikan pupuk subsidi yang tepat bagi petani tembakau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati