Harga Biji Kopi Robusta Pati Naik, Pengusaha Kelimpungan

Pati, Mitrapost.com – Pengusaha kopi di Kabupaten Pati kelimpungan lantaran harga biji kopi jenis robusta mengalami kenaikan.

Muhammad muhlis, pengusaha kopi asal Sumbermulyo, Tlogowungu mengatakan harga biji Kopi naik 50 persen. Saat ini harga biji kopi mencapai  Rp40 ribu per kilogram, padahal biasanya hanya Rp20 ribu.  Dia mengaku kondisi ini sudah terjadi selama enam bulan lamanya.

“Harga biji kopi kondisinya naik, sekarang stabil di Rp40 ribu, padahal sebelumnya lebih murah,” ujar pemilik usaha kopi merek Mbah Ti  itu, Rabu (26/7/23).

Senada dengannya, Muhammad Faiz Amin, pemilik merek Kopi Theng dari Langgenharjo, Margoyoso juga mengaku terus putar otak untuk mengatasi kenaikan harga biji kopi.

Baca Juga :   Pati Berpotensi Menjadi Eksportir Kopi

“Sekarang HPP (harga pokok penjualan) kita tipis Mas sama modal. Kenaikan dua kali lipat itu mempengaruhi pengusaha, ” ucap Faiz.

Menurut Faiz kenaikan harga biji kopi bukan disebabkan karena produksi yang menurun melainkan  karena keran ekspor yang meningkat sejak awal tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati