Niat Puasa Asyura dan Amalan-amalan Lain yang Dianjurkan

Mitrapost.com – Bulan Muharram merupakan bulan yang baik bagi umat Muslim. Oleh karena itu, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya melakukan amalan-amalan baik, seperti berpuasa Asyura pada 10 Muharram.

10 Muharram sendiri jatuh pada 28 Juli 2023 besok. Puasa 10 Muharram atau puasa Asyura memiliki keutamaan setelah puasa bulan Ramadan. Hal ini tercantum dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Puasa yang paling utama setelah bulan Ramadan adalah puasa di bulan Muharram, dan salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam.” (HR Muslim)

Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa puasa Asyura dapat menghapus dosa setahun yang lalu. Selain itu, puasa Asyura atau 10 Muharram merupakan puasa yang dilakukan oleh Nabi Musa AS sebagai ungkapan rasa syukur setelah Allah SWT menyelamatkan kaumnya dari musuh.

Baca Juga :   Pentingnya Puasa Sunnah Asyura pada 10 Muharram, Hapus Dosa Satu Tahun

Dilansir dari Detik, berikut niat puasa Asyura.

Niat Puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِنْ يَوْمِ عَاشُورَاءَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى.

Nawaitu shauma ghadin min yaumi ‘aasyuuraa-a sunnatan lillahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat berpuasa sunnah hari Asyura esok hari karena Allah Ta’ala.”

Untuk melengkapi amalan puasa, Anda juga bisa melakukan amalan-amalan lainnya. Para ulama menyebutkan beberapa jenis amalan yang dianjurkan diperbanyak selama bulan Muharram terutama pada 10 Muharram.