Dapatkan Manfaat Kesehatan dan Kecantikan dengan Konsumsi Jeruk Nipis

Mitrapost.com – Jeruk nipis memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat ini didapatkan dari nutrisi di dalamnya, seperti vitamin C yang berfungsi memperkuat kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, penyerapan zat besi dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat jeruk nipis baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam jeruk nipis dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah ini memberikan perlindungan tubuh dari serangan penyakit dan infeksi. Artinya, konsumsi jeruk nipis dapat memperkuat fungsi imunitas tubuh. Minum air hangat dengan jeruk nipis juga bisa meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Penangkal radikal bebas

Manfaat selanjutnya adalah sebagai pelindung dari radikal bebas dengan sifat antioksidannya. Sifat antioksidan jeruk nipis berasal dari senyawa asam askorbat, limonoid, quercetin, flavonoid dan kaempferol.

Baca Juga :   Khasiat Tersembunyi Minum Air Jeruk Nipis

Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak sel dalam tubuh. Kerusakan sel dapat menyebabkan penyakit diabetes, penyakit terkait kardiovaskular, dan kanker.

Menyembuhkan luka

Jeruk nipis mengandung senyawa yang bersifat antiseptik. Senyawa tersebut efektif untuk membunuh bakteri, sehingga mempercepat penyembuhan luka.

Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C pada jeruk nipis memproduksi kolagen yang sangat dibutuhkan kulit. Kolagen merupakan nutrisi yang dapat membuat kulit Anda sehat, kenyal dan kencang. Hal ini dapat mengatasi kulit kering dan keriput. Selain itu, antioksidan juga menjaga keseimbangan pH kulit, meminimalkan kerutan dan menjaga kulit tetap kencang.

Penyerapan nutrisi

Salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh adalah zat besi yang berguna untuk memproduksi sel darah merah. Zat besi juga dibutuhkan untuk memastikan oksigen mengalir ke seluruh tubuh. Vitamin C dalam jeruk nipis berfungsi meningkatkan penyerapan zat besi.