Waspada Modus Penipuan Lewat WhatsApp Berikut Ini!

Mitrapost.com – Social enginering menjadi modus terbaru penipuan online, terutama lewat WhatsApp. Dikutip dari Glints, social engineering atau rekayasa sosial merupakan teknik manipulasi yang memanfaatkan kesalahan manusia untuk mendapat akses informasi dan data-data pribadi.

Teknik ini dapat membuat korban tanpa menaruh curiga, sehingga pelaku berhasil melakukan aksinya tersebut. Pelaku akan membuat korban membuka aplikasi berbahaya, sehingga malware berhasil menerobos sistem keamanan dan memberikan pelaku akses informasi pribadi.

Akhir-akhir ini juga marak kasus penipuan lewat WhatsApp. Agar lebih waspada, Anda perlu tahu beberapa tindakan pencurian informasi yang kerap dilakukan lewat aplikasi bertukar pesan tersebut. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut beberapa modusnya.

Baca Juga :   Cara Atasi Memori Handphone Android Penuh

Modus kurir

Modus ini dilakukan oleh pelaku dengan berpura-pura menjadi kurir. Mereka akan mengirimkan lampiran file ‘LIHAT Foto Paket’ pada korban dalam bentuk .apk. Korban yang tidak merasa curiga akan mengeklik dan mengunduh file berbahaya tersebut. Hal tersebut nantinya akan memberikan akses pelaku terhadap akun rekening bank korban.

Modus undangan nikah

Pelaku penipuan mungkin berpura-pura menjadi orang yang Anda kenal dengan mengirimkan file berjudul ‘Surat Undangan Pernikahan Digital’ yang memiliki format .apk. Ini dilakukan agar korban membukanya, sehingga malware dapat mendeteksi data-data di perangkat korban dan memberikan akses kepada pelaku.

Modus surat tilang

Penipu mungkin berpura-pura menjadi pihak kepolisian dan mengirimkan sebuah .apk berupa surat tilang agar korban membukanya. Sebelumnya, beberapa warganet melaporkan bahwa ada orang yang mengaku berasal dari kepolisian dan mengirimkan data berjudul ‘Surat Tilang-1.0.apk’ melalui WhatsApp.

Baca Juga :   Menggemaskan, Baby Shark Hadir Menghiasi Koleksi Stiker WhatsApp

Modus PDF

Sama seperti modus undangan nikah, pelaku mungkin lebih dulu meretas data orang yang Anda kenal untuk mendapatkan kontak WhatsApp Anda. Setelah itu, mereka akan mengirimkan file berupa dokumen PDF yang berformat .apk. Anda yang merasa tidak curiga mungkin akan segera membukanya dan memberikan akses kepada pelaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati