Empat Dugaan Motif Kasus Pembunuhan Mahasiswa UI

Mitrapost.com – Motif pembunuhan Itafasalya Ardnika Basya (23) terhadap adik tingkatnya Muhammad Naufal Zidan (19) masih terus didalami. Kriminolog UI Adrianus Meliala mengatakan terdapat empat dugaan motif adanya tindak pidan aitu.

“Kemungkinan besar Altaf membunuh Zidan karena urusan ekonomi,” ujar Adrianus kepada wartawan, Senin (14/8/2023).

Adrianus mengatakan hal pertama yaitu tersangka ingin menjadi sukses secara finansial. Dan kemudian adanya keinginan diakui dapat hidup mandiri jauh dari orang tua.

“Ada empat hallah, pertama adalah ingin segera sukses, berhasil secara finansial jadi mencari suatu cara untuk berhasil secara finansial. Kedua, ingin terlihat mandiri, jauh dari atau lepas dari orang tua dan mandiri,” ujarnya.

Baca Juga :   Terpepet Dana untuk Nikah, Pasangan Kekasih Nekat Bunuh Zaenab

“Ketiga, membuat gaya hidup sesuai dengan kemampuan keuangan, jadi ketika dia sudah punya uang, maka ya ini jeleknya anak muda ya dia mengubah gaya hidupnya sesuai kemampuan keuangannya, begitu kemampuan keuangannya turun, maka dia repot tuh untuk mengubah kembali gaya hidupnya. Sudah telanjur wah gitu dan itu menjadi pressure juga bagi dirinya. Karena tadi dengan uang yang berkurang, gaya hidup yang harus dipaksa turunkan maka teman-temannya meninggalkan dia dan itu menjadi suatu tekanan bagi dia,” imbuh Adrianus.