Simak Manfaat Konsumsi Jamu Kunir Asem Berikut!

Mitrapost.com – Kunir asem atau kunyit asam merupakan salah satu minuman tradisional khas Indonesia. Minuman ini dikenal dengan sebutan jamu yang dibuat dari bahan asam jawa. Bahan tersebut memiliki khasiat kesehatan, mulai dari mencegah penuaan dini hingga meredakan nyeri haid.

Dilansir dari Alodokter, berikut beberapa manfaat kesehatan yang diberikan jika rutin mengonsumsi jamu kunir asem.

Mampu mengatasi sembelit

Jamu kunir asem dibuat dari buah asam jawa yang digunakan sebagai pencahar untuk mengatasi konstipasi. Asam jawa memberikan efek relaksasi pada saluran pencernaan, sehingga menjadi obat yang efektif jika Anda mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah BAB.

Menjaga kesehatan tulang

Asam jawa juga kaya dengan kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Senyawa mineral tersebut dapat mendukung kesehatan tulang dengan mencegah tulang keropos.

Baca Juga :   Dorong Generasi Masa Depan Mengenal Jamu Tradisional

Meredakan nyeri

Kunir asem juga dibuat menggunakan kunyit. Senyawa kurkumin didalamnya memiliki efek anti-radang. Penelitian menemukan bahwa sifat anti-radang tersebut dapat mengurangi rasa nyeri sendi dan nyeri perut selama haid.

Menurunkan kolesterol jahat

Senyawa polifenol dalam asam jawa dapat menurunkan kadar kolestrol total, termasuk kadar kolestrol jahat hingga trigliserida yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jamu tradisional tersebut mengandung asam amino esensial yang membantu produksi antibodi dan sel-sel dalam sistem imun. Selain itu, asam jawa juga memiliki sifat antimikroba, yang dapat menangkal bakteri penyebab penyakit.

Mencegah kanker

Jamu kunir asem mengandung asam jawa dan kunyit yang mengandung polifenol, flavonoid, dan kurkumin. Senyawa-senyawa tersebut merupakan sumber antioksidan untuk menangkal paparan radikal bebas, penyebab kanker.