SPBU Ditutup Sementara Usai Viral Air Warga Tercemar BBM

Mitrapost.com – Usai viralnya video yang menunjukkan air warga tercemar dengan bahan bakar minyak (BBM), SPBU yang diduga menjadi pencemar akhirnya ditutup sementara.

Peristiwa itu terjadi di Desa Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan mengungkapkan bahwa pihak SPBU segera melakukan pengecekan.

“Sales Branch Manager (SBM) Rayon VIII Pertamina Patra Niaga dan pihak SPBU melakukan pengecekan empat sumur pantau dan sumur bor di SPBU 34.163.17,” ujarnya dilansir dari Detik.

Hasil pengecekan empat sumur pantau dan sumur bor di SPBU menunjukkan bahwa tak ada kontaminasi BBM.

Baca Juga :   Layanan PDS di Karesidenan Pati, Dewan Pati: Jangan Sampai Mengganggu Roda Ekonomi Masyarakat Kecil

Sedangkan dari sampel air yang dibawa warga, terindikasi tercampur BBM jenis pertalite. Sampel air itu diambil dari rumah warga yang jaraknya sekitar 100-150 meter dari SPBU.

“Dari hasil pengecekan tidak terdapat kontaminasi BBM dan tidak terdapat kebocoran pada tangki pendam. Sementara itu, dari sampel air yang dibawa oleh warga dari sumur yang berjarak 4-5 rumah dari SPBU, terindikasi tercampur oleh BBM jenis pertalite. Namun posisi perumahan warga di dataran yang lebih tinggi dan berjarak 100 m-150 m atau sekitar tiga sampai empat rumah dari belakang SPBU,” jelasnya.