Tips Merawat Kesehatan Mata di Tengah Polusi Udara

Mitrapost.com – Tingkat polutan tinggi dapat berdampak pada kesehatan mata. Kontak yang berlebihan dapat menyebabkan mata kemerahan, mudah berair, gatal, dan rentan iritasi. Selain itu, dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit mata yang lebih parah.

Dilansir dari India Times, Dr Neeraj Shah, Kepala Petugas Medis, Layanan Katarak, Kornea & Refraktif, Rumah Sakit Mata Sankara, Jaipur mengatakan bahwa kabut asap dan polusi ekstrem sangat berbahaya dan berdampak pada kesehatan mata.

“Mata kering, konjungtivitis, dan alergi mata yang ditandai dengan gatal, kemerahan, keluar cairan, kelopak mata bengkak, dan penglihatan kabur adalah beberapa di antaranya. dampak kesehatan pada mata akibat polusi,” katanya.

Selain itu, paparan polusi udara juga dapat mengakibatkan terkikisnya kesehatan mata dan penglihatan secara umum. Sehingga, pencegahan dan perawatan mata sangatlah penting saat terjadi polusi udara.

Baca Juga :   Kaya Beta Karoten, Tomat Juga Baik untuk Kesehatan Mata

Dilansir dari Centre for Sight, berikut lima tips untuk melindungi mata dari polusi.

Menggunakan kacamata

Untuk melindungi kesehatan paru-paru dari polusi, orang-orang menggunakan masker. Selain itu, diperlukan pula penggunaan kacamata, minimal kacamata hitam. Hal ini dilakukan sebagai perlindungan mata dari polutan di udara dan sinar UV.

Hindari mengucek mata

Polutan di udara memang menimbulkan sensasi gatal. Namun, hindari untuk mengucek mata karena akan memperparah iritasi dan menyebabkan infeksi karena perpindahan kuman ke mata.

Sediakan obat tetas mata

Mata memiliki lapisan yang dapat melembabkan mata untuk mencegahnya dari kekeringan. Namun, polusi dan lingkungan kering dapat membuat mata lebih kering. Gunakan obat tetes mata untuk menjaga kelembaban dan mengendurkan otot mata.

Baca Juga :   TP PKK Kudus Diajak Berkontribusi Penanggulangan Gangguan Penglihatan

Kompres dingin

Polusi udara dapat menyebabkan peradangan pada mata. Untuk meredakannya, cobalah untuk mengompres mata dengan handuk yang di rendam air atau menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain. Kompres dingin dapat meringankan sensasi terbakar yang disebabkan oleh polusi.

Makan makanan sehat

Dalam kondisi apapun, terutama saat lingkungan terpapar polusi. Makanan sehat yan kaya nutrisi dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata dari dalam. Makan banyak sayuran hijau, kacang-kacangan, buah beri, ikan, dan wortel yang baik untuk mata. (*)