Baik Bagi Penderita Hipertensi, Berikut Beberapa Buah yang Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Mitrapost.com – Pilihan asupan makanan dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Begitu pula dengan tekanan darah yang merupakan faktor penyebab sejumlah penyakit kronis, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal dan stroke.

Banyak peneliti menemukan bahwa makanan tertentu dapat menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga mereka menyarankan untuk mengonsumsinya jenis-jenis makanan tersebut. Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) memberikan rekomendasi untuk mengonsumsi seporsi buah matang, salad buah atau jus buah 100% tertentu untuk mengurangi tekanan darah.

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa buah yang dapat menurunkan tekanan darah.

Buah-buahan beri

Bluberi dan stroberi mengandung senyawa antioksidan alami jenis flavonoid, yang disebut antosianin. Menurut penelitian, mereka yang memiliki asupan antosianin (termasuk bluberi dan stroberi) lebih tinggi memiliki risiko tekanan darah tinggi lebih rendah. Anda bisa mengonsumsi langsung buah-buahan tersebut dalam keadaan segar atau menambahkannya ke dalam salad sehat.

Baca Juga :   Bahaya Terselubung dari Kepuasan Kebiasaan Menggigit Kuku

Pisang

Pisang tinggi potasium yang dapat mengelola tekanan darah. Sebuah pisang berukuran sedang biasanya mengandung 422mg potasium. Menurut American Heart Association (AHA), potasium mengurangi efek natrium (garam) dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Buah bit

Buah bit dapat diolah menjadi jus. Jus ini dapat menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek dan panjang karena mengandung nitrat makanan. Studi tahun 2015 menemukan bahwa penderita hipertensi yang meminum 250ml jus buah bit merah setiap hari selama 4 minggu memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

Kiwi

Konsumsi buah kiwi setiap hari dapat membantu mengelola tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang makan 3 buah kiwi per hari selama 8 minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih signifikan dibandingkan mereka yang makan 1 apel per hari. Hal ini dikarenakan senyawa bioaktif dan vitamin C di dalamnya.

Baca Juga :   Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Semangka

Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline. Senyawa ini dapat membantu tubuh memproduksi oksida nitrat yang dapat mengurangi ketegangan pembuluh darah, serta mendorong fleksibilitas arteri. Efek ini membantu aliran darah untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah delima

Buah delima mengandung antioksidan dan senyawa lainnya yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan aterosklerosis (penyumbatan arteri oleh plak). Tinjauan tahun 2017 yang meneliti manusia dengan 8 percobaan menunjukkan bahwa konsumsi jus delima secara konsisten dapat menurunkan tekanan darah.

Buah jeruk

Buah jeruk mengandung hesperidin, antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi 500ml jus jeruk yang diperkaya hesperidin selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik.