Mitos Duduk dan Makan di Depan Pintu

Mitrapost.com – Masyarakat Jawa masih erat dengan mitos dan kepercayaan. Beberapa mitos atau kepercayaan tersebut biasanya berasal dari mulut ke mulut secara turun-temurun.

Sebenarnya, beberapa mitos dikatakan dengan tujuan sebagai peringatan untuk berlaku dan mempertahankan sopan santun. Maka dari itu, biasanya mitos mengandung tulah atau dampak yang menyertainya.

Salah satu mitos yang sampai saat ini masih terkenal adalah pantangan makan atau duduk di depan pintu. Banyak orang tua yang mengatakan bahwa kebiasaan makan atau duduk depan pintu dapat menyebabkan jauh jodoh dan rezeki.

Secara rasional, berdiam diri di depan pintu merupakan perilaku yang tidak baik. Pintu merupakan tempat orang-orang berlalu-lalang untuk melakukan kegiatan. Sehingga, makan atau duduk di depan pintu dapat menghambat orang lain.

Selain itu mitos sulit jodoh dikaitkan dengan perilaku seorang perempuan di depan pintu yang menandakan mereka sedang mengumbar diri.

Di sisi lain, mitos tentang menghambat rezeki juga dikaitkan dengan hambatan tamu yang akan datang ke rumah. Duduk-duduk di depan pintu mungkin membuat orang sungkan masuk dan bertamu ke rumah. Sementara tamu diibaratkan dapat memperluas rezeki. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati