Tekan Kematian Jemaah, Sistem Haji Ganti Pengecekan Kesehatan CJH di Awal

Pati, Mitrapost.com – Sebagai upaya melakukan penekanan kasus kematian jemaah haji di tanah suci, Kementerian Agama (Kemenag) RI akan mengubah sistem cek kesehatan dengan menempatkan di awal bagi Calon jemaah haji (CJH).

Berdasarkan keterangan dari Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Pati, Abdul Hamid menjelaskan bahwa pengecekan kesehatan akan dilakukan sebelum CJH melakukan pelunasan Haji.

Hal tersebut dilakukan guna memastikan para CJH benar-benar dalam kondisi sehat secara fisik dan psikologis sebelum diberangkatkan ke tanah suci.

“Untuk tahun depan, ada sedikit mekanisme pada pengecekan kesehatan. Kalau tahun ini kan pelunasan dulu baru cek kesehatan, nah nanti itu cek kesehatan dulu setelah dinyatakan layak, baru bisa pelunasan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Selain Reguler, Kemenag Pati Berangkatkan 48 Jemaah Haji Jalur Kuota Khusus

Upaya tersebut merupakan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Penyelenggara Haji dan Umrah RI dalam merespon jumlah jemaah haji yang meninggal dunia cukup banyak pada tahun 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati