Berikut Niat Salat Istisqa, Amalan Sunah untuk Meminta Hujan

Mitrapost.com – Segala sesuatu yang terjadi di alam dunia memang berdasarkan izin Allah SWT, begitu pula dengan turunnya hujan. Namun, kemarau panjang menyebabkan suhu udara naik. Hal itu karena menipisnya lapisan ozon akibat perbuatan manusia yang memicu pemanasan global.

Kenaikan suhu dan kemarau panjang tersebut membuat orang-orang mengharapkan turunnya hujan untuk mencegah kekeringan dan kelangkaan sumber air. Salah satu amalan yang dapat dilakukan untuk mengharap turunnya hujan adalah dengan mengerjakan salat Istiqa.

Dalam hadits yang diriwayatkan Aisyah RA, “Rasulullah itu keluar untuk melaksanakan sholat istisqa manakala matahari mulai naik,” (HR Abu Dawud & Al-Hakim).

Sebagian ulama mengatakan bahwa salat istisqa lebih utama dilaksanakan setelah salat Jum’at, sementara yang lainnya mengatakan bahwa salat istisqa bisa dikerjakan di setiap waktu. Dilansir dari DetikHikmah, berikut niat salat istisqa;

اُصَلِّ سُنَّتَ الأِسْتِسْقَاءِرَكْعَتَيْنِ اِمَامًا/مأَمُوْمًالِلّٰهِ تَعَالٰى

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati