Jauhkan Tikus dari Rumah Anda dengan Tips Berikut!

Mitrapost.com – Kehadiran tikus di rumah memang menjengkelkan. Hewan pengerat tersebut tak jarang berkeliaran di dalam rumah untuk mencari sisa makanan, bahkan menggerogoti barang-barang seperti sepatu, baju, sabun dan lain sebagainya sehingga menyebabkan kerusakan.

Tikus di dalam rumah tak hanya meresahkan, namun juga menjadikan lingkungan tidak sehat. Beberapa penyakit seperti pes dan leptospirosis ditularkan dari tikus melalui urin, kotoran atau air liur mereka. Kotoran tikus sendiri biasa terlihat di area-area sekitar rumah Anda. Bentuknya kecil, berwarna gelap dan memanjang. Jika Anda menemukannya di dalam rumah, berarti tikus sudah mulai menyerang tempat tinggal Anda.

Menjaga kebersihan rumah dapat menjadi salah satu tips agar hewan tersebut masuk rumah lagi. Selain itu, berikut beberapa cara untuk mengusir tikus di rumah Anda.

Tutup titik masuk

Pertama-tama, cari jalan masuk tikus di dalam rumah Anda. Kemungkinan mereka bisa masuk dari celah jendela dan pintu, loteng, saluran air dan sebagainya. Anda bisa memasang perangkap di sekitar tempat-tempat tersebut, kemudian menutupnya sehingga mereka tidak bisa kembali lagi.

Membersihkan garasi

Tikus menyukai lingkungan di sekitar mobil dan garasi. Mereka juga sering kali berlindung di bawah kap mobil karena lebih hangat dan nyaman, apalagi setelah mobil dinyalakan. Anda juga perlu waspada karena tikus senang menggerogoti kabel yang dapat merusak mobil. Oleh sebab itu, bereskan setiap sudut garasi agar tidak dijadikan tempat berlindung. Selain itu, tutup garasi dan jangan pernah menyimpan sampah, makanan hewan, atau barang lain yang menarik perhatian tikus.

Simpan makanan

Simpan semua makanan, serta buang sampah dan makanan basi agar tidak menarik tikus ke dalam rumah Anda. Anda bisa menyimpan makanan di kulkas, serta segera mencuci piring, sendok dan peralatan makanan lainnya setelah dipakai agar tidak menumpuk dan menimbulkan bau.

Hilangkan area persembunyian

Tips selanjutnya, keluarkan barang-barang yang tidak terpakai agar tidak sumpek. Pasalnya, terlalu banyak perabotan dalam ruangan bisa menjadi area persembunyian tikus tanpa Anda sadari. Mereka mungkin bersembunyi di bawah rak, di belakang lemari atau sudut-sudut gelap lain yang tidak terlihat oleh Anda.

Hubungi pembasmi

Tips terakhir, jika cara-cara tersebut masih membuat tikus berkeliaran di rumah Anda, segeralah untuk menghubungi seorang ahli untuk membasmi mereka. Anda tidak perlu bekerja keras dan membiarkan mereka yang melakukan tugas. Hanya dengan sejumlah uang untuk membayar jasa mereka, rumah Anda bisa terbebas dari tikus. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati