Jenis-jenis Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Mitrapost.com – Nyamuk merupakan salah satu hewan yang perlu dibasmi, karena dapat menimbulkan gatal-gatal, bahkan jenis nyamuk tertentu dapat menimbulkan penyakit yang mengawatirkan seperti DBD dan malaria. Selain itu, suara dengungnya pun sering kali membuat tidur nyenyak menjadi terganggu.

Selain menyemprot ruangan dengan obat semprot nyamuk, memajang jenis tanaman tertentu atau membuatnya sebagai lotion juga terbukti ampuh mengusir nyamuk dari lingkungan sekitar rumah Anda. Beberapa tanaman sebenarnya mempunyai bau yang cukup kuat untuk membuat mereka menjauh.

Dilansir dari Country Living, berikut sejumlah tanaman yang ampuh usir nyamuk.

Citronella Geranium

Citronella Geranium atau yang dikenal sebagai Pelargonium citrosum dapat menghasilkan bau tertentu, seperti minyak sereh wangi untuk mengusir serangga.

Baca Juga :   7 Jenis Tanaman Ampuh Usir Nyamuk

Lavender

Meski baunya harum, nyamuk tidak tahan dengan bau tanaman lavender ini. Baunya yang menyengat dapat mencegah serangan serangga, seperti nyamuk dari lingkungan sekitar Anda. Dengan alasan yang sama, banyak obat nyamuk semprot yang menawarkan aroma lavender di dalamnya.

Pepermint

Selain Lavender, aroma papermint juga memiliki aroma yang harum, serta minyak yang dapat membasmi hama dan serangga di rumah Anda. Daun dari tanaman ini juga memberikan efek menenangkan.

Marigold

Bunga ini memiliki tampilan yang berwarna-warni. Baunya yang menyengat dapat membuat nyamuk mabuk dan menjauh. Tanaman ini mengandung piretrum, bahan yang banyak ditemukan dalam produk obat nyamuk.

Kemangi

Selain digunakan sebagai lalapan, kemangi juga berguna menjauhkan serangga. Penelitian tahun 2009 juga menunjukkan bahwa minyak esensial kemangi dapat membunuh jentik nyamuk.

Baca Juga :   7 Jenis Tanaman Ampuh Usir Nyamuk

Citrosum

Tanaman ini juga berguna untuk mengusir serangga di rumah Anda dengan bau menyengat yang tidak disukai oleh nyamuk. Alasan ini pula banyak obat nyamuk menawarkan aroma tanamana ini untuk mengusir nyamuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati