Bintitan Bukan Karena Sering Mengintip, Berikut Penyebabnya

Mitrapost.com – Banyak orang mempercayai mitos bahwa bintitan muncul karena kebiasaan mengintip orang lain. Faktanya, bintitan merupakan salah satu penyakit kulit karena infeksi bakteri pada kelenjar penghasil minyak di area kelopak mata.

Kelenjar tersebut berfungsi untuk melapisi kelopak mata dan membantu memberikan pelumas pada permukaan mata. Jika salah satu kelenjar minyak tersebut tersumbat, hal ini memungkinkan bakteri tumbuh di dalam kelenjar tersebut, dikutip dari Halodoc.

Bintit mirip seperti jerawat dan biasanya berkembang dalam beberapa hari, namun bisa kering dan sembuh dengan sendirinya.

Benjolan ini juga bisa menjadi kalazion saat kelenjar minyak meradang tersumbat sepenuhnya. Saat menjadi cukup besar, ini dapat menyebabkan masalah pada penglihatan.

Baca Juga :   Mitos Seputar Diabetes yang Perlu Diketahui

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan bintitan.

Tungau demodex

Jenis tungau ini biasa terdapat pada kulit manusia. Demodex teridentifikasi sebagai penyebab blefaritis, sehingga kemungkinan besar akan mengalami benjolan di mata ini.

Sistem imun rendah

Sistem imun yang lemah dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi bakteri. Beberapa hal seperti stres, kurang tidur hingga pola makan buruk dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Penggunaan lensa kontak tidak higienis

Lensa kontak yang kotor atau penggunaan tanpa mencuci tangan dapat menimbulkan infeksi mata. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan alat ini dengan baik.

Gaya hidup tidak sehat

Faktor seperti kurang tidur, konsumsi alkohol dan merokok dapat melemahkan kesehatan mata. Gaya hidup sehat merupakan kunci menjaga kesehatan mata. (*)

Baca Juga :   Alih-Alih untuk Menjaga Diri, Khodam dapat Mengganggu Anak Turunnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati