Mindfulness dalam Proses Pengambilan Keputusan

Mitrapost.com – Dalam kehidupan, kita tidak bisa lepas dari permasalahan. Berbagai permasalahan ini dapat diselesaikan dengan kemampuan problem solving dan decision making yang baik. Proses pemecahan masalah yang baik melalui tahapan pengumpulan informasi dan analisis cermat. Ini juga berpotensi memberikan hasil keputusan terbaik bagi Anda.

Hal tersebut termasuk dalam praktek mindfulness. Ini berarti, Anda fokus pada informasi yang relevan, mengetahui kapan harus mengurangi risiko, waspada terhadap bias, dan memeriksa ego Anda. Banyak penelitian menunjukkan bahwa perhatian bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

Dilansir dari Psycology Today, berikut tips pengambilan keputusan dengan mindfulness.

Luangkan waktu untuk berpikir

Mindfulness memerlukan waktu. Ini digunakan untuk masalah-masalah yang tidak terlalu genting atau darurat. Meluangkan waktu untuk merenungkan setiap prioritas, tujuan dan nilai-nilai yang Anda pegang dapat membantu Anda menemukan jawaban yang lebih jelas.

Jujur pada diri sendiri

Mindfulness membuat Anda berefleksi untuk mengetahui perasaan, kebutuhan dan nilai-nilai yang dipercaya. Jika suatu pilihan bertentangan dengan priotitas dan etika yang Anda pegang, maka pertimbangkan opsi lain yang selaras dengan diri Anda.

Kurangi risiko

Salah satu tujuan aktivitas ini adalah meminimalisir risiko dari setiap pilihan. Semakin sedikit risiko dan dampak buruk yang mungkin terjadi akan mengurangi stres dalam hidup Anda. Ini tentu akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda, serta mencapai kepuasan hidup. Oleh sebab itu, pikirkan semua risiko yang mungkin terjadi pada setiap pilihan, kemudian pilih yang paling aman untuk Anda.

Pilih sesuai naluri

Saat Anda menemukan pilihan yang dinilai sama-sama menarik, Anda mungkin merasa cemas jika salah satunya tidak diambil. Jika demikian, sebenarnya setiap pilihan merupakan suatu jalan keputusan yang tidak buruk. Saat dihadapkan pada situasi tersebut, cobalah untuk mempercayai naluri Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati