Jangan Panik Saat Bayi Cegukan, Berikut Cara Meredakannya

Mitrapost.com – Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa mengalami cegukan. Cegukan pada bayi bisa terjadi karena kontraksi diafragma (otot utama untuk pernapasan) dan penutupan pita suara dengan cepat.

Meski menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang dewasa, sebenarnya cegukan bukan hal yang menggangu bayi. Faktanya, penelitian pada tahun 2019 menunjukkan bahwa cegukan mungkin penting bagi perkembangan otak dan pernapasan bayi.

Seringkali, cegukan bayi akan berlangsung selama 5 hingga 10 menit.

Namun, saat bayi mulai merasa tidak nyaman, berikut beberapa tips untuk meredakannya, dilansir dari laman Healthline.

Istirahat dan bersendawa

Sendawa dapat menghilangkan kelebihan gas yang dapat menyebabkan cegukan. Ini bisa dilakukan dengan menjeda sebentar saat bayi menyusu, kemudian biarkan mereka bersendawa. Caranya, gosok dan tepuk lembut punggung bayi saat cegukan. Jangan memukulnya terlalu keras.

Baca Juga :   Perhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli Pasta Gigi!

Gunakan dot

Ketika bayi Anda mulai cegukan sendiri, cobalah untuk memberikan mereka dot. Menyesap dot akan membantu mengendurkan diafragma, sehingga dapat membantu menghentikan cegukan.

Apakah boleh menggunakan air rempah?

Air dengan campuran jahe, adas, kamomil, dan kayu manis disebut dapat meringankan cegukan. Namun, air rempah tersebut belum terbukti secara klinis dapat membantu mengatasi cegukan pada bayi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati