Berikut Fitnah-fitnah Jelang Hari Kiamat, Salah Satunya Ada Fitnah Terbesar

Mitrapost.com – Lewat hadits, Rasulullah SAW telah peringatkan umat muslim adanya tanda-tanda kiamat. Termasuk untuk berhati-hati agar tidak terpengaruh dengan fitnah terbesar, yakni fitnah Dajjal.

Fitnah sendiri merupakan suatu kebohongan yang diungkapkan, tujuannya untuk menjelek-jelekan seseorang atau kaum. Fitnah juga merujuk pada musibah dan ujian. Demikian dengan fitnah menjelang hari akhir yang bakal menjadi musibah bagi seluruh manusia, terutama umat muslim.

Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya, menjelang terjadinya Kiamat ada fitnah-fitnah seperti sepotong malam yang gelap gulita. Pada pagi hari seseorang dalam keadaan beriman, tetapi pada sore hari ia menjadi kafir. Sebaliknya, pada sore hari seseorang dalam keadaan beriman, namun di pagi hari ia dalam keadaan kafir.

Orang yang duduk pada masa itu lebih baik daripada yang berdiri, orang yang berdiri lebih baik daripada yang berjalan, dan orang yang berjalan lebih baik daripada orang yang berjalan cepat. Maka, patahkan busur kalian, putus-putuslah tali kalian, dan pukul pedang kalian dengan batu. Jika salah seorang dari kalian kedatangan fitnah-fitnah ini, hendaklah ia bersikap seperti anak terbaik di antara dua anak Adam (yakni bersikap seperti Habil),” (HR Abu Dawud [4259], Ibnu Majah [3961], Ahmad [19231], dan Hakim).