Berikut Keutamaan Bacaan Surat Al-Mulk, Dianjurkan Dibaca Setiap Hari

Mitrapost.com – Membaca ayat-ayat dalam kitab suci Al-Quran memiliki sejumlah keutamaan. Salah satunya adalah dengan membaca surat Al-Mulk.

Surat Al-Mulk juga menjadi bacaan rutin yang dibaca oleh Rasulullah SAW sebelum tidur. Dalam sebuah hadits dari Jabir RA, “Nabi SAW tidak tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarakalladibiyadihil-mulk (surat Al Mulk),” (HR Ahmad).

Mengapa Surat Al-Mulk dianjurkan dibaca rutin?

Dilansir dari DetikHikmah, membaca surat Al-Mulk merupakan doa agar terhindar dari siksa kubur. Ini berdasarkan dari sahabat Abdullah bin Mas’ud ra terkait sabda Rasulullah SAW bahwa membaca surat Al Mulk merupakan cara mendapat keselamatan dari siksa api neraka.

Baca Juga :   Manusia Diutus Menjadi Pemimpin di Bumi, Berikut Ciri Pemimpin yang Baik Menurut Islam

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca surat Al Mulk setiap malam, Allah SWT akan menghindarkannya dari siksa kubur dengan surat tersebut,” (HR An Nasa’i).

Sayidina Abdullah bin Mas’ud ra pernah menyampaikan saat seorang manusia ada di dalam kubur, kedua kakinya akan berkata, ‘Tidak ada jalan bagi kalian dari arahku, karena arahku sudah ditempati surat Al Mulk,’ kemudian didatangi rongganya, namun rongganya juga mengatakan hal serupa.