Berikut yang Perlu Dilakukan saat Ibu Hamil Mengalami Morning Sickness

Mitrapost.com – Mual dan muntah sering kali dialami oleh calon ibu di awal kehamilan. Kondisi ini dikenal dengan istilah morning sickness.

Meski banyak wanita yang merasakan di setiap kehamilan, para ilmuwan masih belum mengetahui penyebab pastinya. Namun, banyak ahli berpendapat bahwa penyakit ini ada hubungannya dengan perubahan hormonal. Salah satu hormon kehamilan utama, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG), secara luas dianggap sebagai penyebab utama mengalami mual di pagi hari.

Gejala ini cenderung terjadi sekitar 10 minggu, kemudian mereda pada 14 hingga 16 minggu kehamilan. Ini menimbulkan perasaan mual dan muntah, sehingga aktivitas harian bisa terganggu dan membuat lemas.

Dilansir dari New York Times, berikut yang harus dilakukan saat mengalami morning sickness.

Baca Juga :   Berikut Penyebab Kembung pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Makan makanan yang tepat

Makanan yang tinggi protein dan karbohidrat serta rendah lemak seringkali dapat ditoleransi dengan lebih baik, kata Dr. Hyagriv Simhan, M.D., profesor ilmu kebidanan, ginekologi, dan reproduksi di Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh. Cobalah diet BRAT (pisang, nasi, apel, roti panggang).

Makan dalam porsi kecil namun sering

Para ahli merekomendasikan untuk membagi waktu makan lebih sering (6 kali) sepanjang hari, namun dengan porsi lebih sedikit. Disarankan pula makan makanan padat dan minum susu pada waktu yang berbeda. Makan terlalu banyak bisa memperburuk gejala, begitu pula makan terlalu sedikit yang dapat memperparah mual.

Hindari terlalu banyak bergerak saat perut kosong

Website American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan untuk makan biskuit atau roti panggang di tempat tidur sebelum bangun pagi, agar Anda tidak beraktivitas dalam keadaan perut kosong.

Baca Juga :   Kontrol Kesehatan Ibu Hamil, Demi Cegah Stunting

Hindari makanan tertentu

Jangan makan makanan pedas, serta makanan dengan bau yang menyengat karena dapat memperburuk perasaan mual.

Gunakan jahe

Jahe dapat memberikan perasaan lega dan bermanfaat bagi ibu hamil. Anda bisa konsumsi susu jahe, permen jahe, atau apapun yang mengandung jahe.

Tetap terhidrasi

Perbanyak minum air, termasuk susuk. Jika bau susu membuat Anda mual, coba letakkan minuman tersebut di atas meja, tutupi, dan minum melalui sedotan. (*)