Hari AIDS Sedunia Diperingati per 1 Desember, Berikut Tema dan Sejarahnya

Mitrapost.com – 1 Desember 2023 bertepatan dengan peringatan hari AIDS sedunia ke-35. Sesuai tema ‘Let’s Communities Lead!’ yang diusung oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), kita semua diajak untuk merefleksikan kemajuan yang telah dicapai dalam rangka memastikan keberhasilan penanggulangan HIV/AIDS.

Selain itu, peringatan hari AIDS sedunia juga menjadi momen untuk menghormati mereka yang telah berpulang usai berjuang melawan penyakit ini. Serta, memotivasi kita semua untuk menekankan pentingnya komitmen masyarakat dalam upaya pencegahan HIV/AIDS.

Sebab, aspek berkomitmen ini menekankan tanggung jawab warga dunia dalam bertindak bersama-sama.

Apa itu AIDS?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan penyakit sistem kekebalan tubuh karena infeksi virus HIV.

Baca Juga :   Hari AIDS Sedunia, Cukupi Nutrisi untuk Menghambat Perkembangan AIDS

Menurut Halodoc, penyebaran dan penularan HIV paling banyak disebabkan melalui hubungan intim yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba. Seseorang yang terinfeksi HIV dapat menularkannya kepada orang lain, bahkan sejak beberapa minggu sejak tertular.

Sejarah Hari AIDS Sedunia 2023

Mengutip dari laman resmi World Health Organization (WHO), tema Hari AIDS Sedunia tahun 2023 adalah “LET COMMUNITIES LEAD!”. Tema ini bicara tentang dampak penting yang komunitas dunia dalam merespon penyebaran HIV/AIDS.