Jenis-jenis Serum Perawatan Kulit Sesuai Tujuan Penggunaannya

Mitrapost.com – Serum merupakan produk perawatan kulit yang memiliki molekul aktif ringan, serta dapat menembus permukaan kulit. Tujuannya penggunaannya untuk memberikan nutrisi pada kulit, mencerahkan, melembabkan, hingga mencegah penuaan dini.

Produk perawatan kulit ini juga merupakan basic skincare yang mana aman jika digunakan setiap hari, dan jadi produk yang paling awal digunakan sebelum produk lainnya. Serum juga terdiri dari beberapa jenis yang cocok untuk penggunaan berbagai tujuan, termasuk anti-aging dan brightening.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis serum perawatan kulit.

Serum anti-aging

Serum anti-aging digunakan untuk mencegah penuaan diri. Ini merupakan produk yang dapat mendorong pembaharuan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan senyawa yang diproduksi secara alami oleh kulit. Namun, seiring berjalannya waktu kolagen bisa menipis, sehingga menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan. Serum jenis ini biasanya mengandung retinol atau bakuchiol. Keduanya yang dapat menyamarkan kerutan dan garis-garis wajah.

Baca Juga :   Benarkah Konsumsi Banyak Wortel Bisa Membuat Kulit Jadi Oranye?

Serum brightening

Jika Anda mengalami keluhan kulit kusam, coba untuk memilih produk serum dengan keterangan ‘brightening’ di kemasannya. Serum jenis ini biasanya mengandung antioksidan dan bahan yang dapat melawan pigmen untuk memperbaiki warna kulit. Beberapa bahan yang efektif, termasuk vitamin C, asam glikolat, asam kojic, asam ferulat, ekstrak jamur, akar licorice, atau asam laktat.

Serum hydrating

Serum jenis ini berfungsi untuk melembabkan kulit kering. Sejumlah bahan yang bekerja untuk melembabkan kulit ini adalah hyaluronic acid, glycerin, ceramide, dan aloe vera. Hyaluronic acid merupakan sebuah molekul yang secara fisik dapat mengikat air di kulit agar terlihat segar, kenyal, dan awet muda. Selain itu, serum jenis ini juga biasanya mengandung vitamin B5 yang membantu menghidrasi kulit sehingga membuatnya tampak lebih halus dan terhidrasi.

Baca Juga :   Hindari Hal Berikut Agar Rambut Tidak Mudah Rontok

Serum anti-acne dan skin repair

Serum ini digunakan bagi kulit bermasalah dan berjerawat. Ini dapat membantu memperbaiki skin barrier kulit, sehingga perlahan masalah-masalah kulit akan membaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati