Kemenkominfo Bakal Bangun AI yang Bisa Diakses dengan Bahasa Daerah

Mitrapost.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana membangun teknologi Artificial Intellegence (AI) yang memungkinkan untuk diakses dengan bahasa daerah.

Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Nezar Patria mengatakan bahasa daerah yang digunakan seperti Bahasa Jawa, Sunda, ataupun Batak.

“Ke depannya bisa berkembang lebih jauh, bisa bahasa-bahasa daerah juga yang ada di Indonesia, yang kita tahu ada ratusan bahasa daerah yang di Indonesia,” jelasnya dilansir dari Bisnis.com.

Dalam pengembangan teknologi tersebut, pemerintah melalui Badan Riset Intelijen Nasional (BRIN) dan Kolaborasi Riset & Inovasi Kecerdasan Artificial (Korika) menggandeng Glair AI, dan Datasaur AI.

Mereka kini tengah melakukan pengembangan large language model (LLM) yaitu otak AI berbahasa Indonesia.

Baca Juga :   Google Punya AI yang Bisa Hasilkan Musik dari Teks

Ketua Umum Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Buatan Indonesia (Korika) Hammam Riza mengatakan, selain ditawarkan ke perusahaan berbasis AI, LLM juga akan dibuat dalam bentuk aplikasi. Sebagai contoh seperti aplikasi Pemilu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati